FAQ

Application Guide

1. Aplikasi Buddies

  • Cara Mendapatkan aplikasi Buddies
    Kamu bisa mendownload aplikasi Buddies di PlayStore untuk pengguna Android dengan mencari menggunakan keyword: Buddies. Untuk pengguna Iphone, aplikasi Buddies masih dalam pengembangan.
  • Cara menginstall aplikasi Buddies
    Setelah berhasil menemukan aplikasi Buddies di AppStore atau PlayStore, klik tombol install yang ada di screen AppStore atau PlayStore.
  • Spesifikasi perangkat yang didukung
    Aplikasi Buddies menganjurkan perangkat Smartphone Android yang akan dipasang memiliki spesifikasi: OS Android 4.0.4 (Ice Cream) atau lebih tinggi, minimal 1GB RAM
  • Tidak berhasil menginstall aplikasi Buddies
    Ada beberapa hal yang mungkin menyebabkan Kamu tidak berhasil menginstall aplikasi Buddies, diantaranya:
    1. Kapasitas memori handphone Kamu tidak mencukupi
    2. Kamu tidak terhubung dengan jaringan internet sehingga aplikasi Buddies tidak terdownload sepenuhnya
    Pastikan kapasitas memori handphone Kamu cukup dan Kamu terhubung dengan jaringan internet yang cukup bagus untuk mendownload dan meng-install aplikasi Buddies.
    Jika Kamu masih menemui kesulitan menginstall aplikasi Buddies setelah memastikan kedua hal di atas, silakan mengisi kolom di bawah ini untuk mengirimkan pesan kepada kami dan kami akan membantu memeriksa dan menginformasikan solusinya.
  • Cara mengganti password
    Kamu bisa mengganti password Kamu di halaman akun saya dengan cara menekan tombol edit.

Buddies

1. Pendaftaran Buddies

  • Persyaratan bergabung menjadi Buddies
    Kamu cukup mempunyai email yang valid dan bisa di verifikasi
  • Cara pendaftaran di aplikasi Buddies
    Cara mendaftar sangat mudah! Kamu cukup isi data diri Kamu, lalu kami akan memverifikasi email Kamu, setelah itu otomatis Kamu sudah menjadi Buddies
  • Manfaat bergabung menjadi Buddies
    Cara baru Kamu memberikan kebaikan untuk sahabat-sahabat Kamu dengan mengajak mereka untuk mulai menyiapkan hal besar di hidupnya dengan perlindungan jiwa atau Asuransi sekaligus mendukung lifestyle Kamu dengan cara mendapatkan point yang dapat Kamu tukarkan dengan cash ataupun barang
  • Tidak menerima email konfirmasi saat pendaftaran
    Ada beberapa hal yang mungkin menyebabkan Kamu tidak menerima email konfirmmasi saat pendaftaran, diantaranya:
    1. Email telah terkirim namun masuk ke folder spam/junk email. Silakan dicek terlebih dahulu apakah email tersebut masuk ke folder tersebut
    2. Email telah terkirim, namun tidak dapat masuk ke inbox Kamu karena inbox penuh. Silahkan pastikan terlebih dahulu kapasitas inbox Kamu cukup untuk menerimma email masuk
    3. Alamat email yang dimasukkan saat pendaftaran kurang lengkap sehingga email tidak dapat terkirim. Untuk mengetahui alamat email mana yang Kamu daftarkan saat pendaftaran Buddies, silakan lihat di "Akun Saya". Jika ketiga hal di atas bukan yang menyebabkan Kamu tidak menerima email konfirmasi saat pendaftaran, silakan email ke christina.putri@buddies.co.id untuk mengirimkan pesan kepada kami dan kami akan membantu memeriksa dan menginformasikan solusinya
  • Tidak berhasil mengkonfirmasi akun saat pendaftaran
    Ada beberapa hal yang mungkin menyebabkan Kamu tidak menerima email konfirmasi saat pendaftaran, diantaranya:
    1. Email telah terkirim namun masuk ke folder spam/junk email. Silakan dicek terlebih dahulu apakah email tersebut masuk ke folder tersebut
    2. Email telah terkirim, namun tidak dapat masuk ke inbox Kamu karena inbox penuh. Silahkan pastikan terlebih dahulu kapasitas inbox Kamu cukup untuk menerimma email masuk
    3. Alamat email yang dimasukkan saat pendaftaran kurang lengkap sehingga email tidak dapat terkirim. Untuk mengetahui alamat email mana yang Kamu daftarkan saat pendaftaran Buddies, silakan lihat di "Akun Saya". Jika ketiga hal di atas bukan yang menyebabkan Kamu tidak menerima email konfirmasi saat pendaftaran, silakan email ke christina.putri@buddies.co.id untuk mengirimkan pesan kepada kami dan kami akan membantu memeriksa dan menginformasikan solusinya.

2. Buddies Code

  • Tentang Buddies Code
    Buddies Code adalah kode unik yang Kamu dapatkan ketika Kamu melakukan pendaftaran sebagai Buddies. Kode unik ini terdiri dari 6 digit yang merupakan kombinasi dari 3 huruf dan 3 angka
  • Cara mendapatkan Buddies Code
    Kamu bisa melakukan pendaftaran menjadi Buddies untuk mendapatkan Buddies Code
  • Manfaat memiliki Buddies Code
    Buddies Code dapat Kamu gunakan pada saat mereferensikan Buddies ke teman-teman kamu. Apabila Buddies code kamu dipakai oleh teman kamu pada saat melakukan pembelian produk, maka kamu akan mendapatkan point untuk dapat Kamu tukarkan dengan Cash ataupun Barang. Oleh karena itu, pada saat mereferensikan, selalu cantumkan Buddies Code Kamu

3. Buddies Points

  • Status Buddies Points
    Ada 2 status Buddies Points:
    1. Pending
    Buddies Points dengan status pending berarti Kamu belum bisa menukarkan point Kamu. Penyebab status pending karena Buddies Code Kamu belum dipakai oleh teman Kamu untuk membeli produk asuransi atau kamu belum melakukan transaksi pembelian asuransi
    2. Aktif
    Buddies Points dengan status aktif berarti Kamu sudah bisa menukarkan point Kamu dalam bentuk cash ataupun barang
  • Cara Mengetahui jumlah Buddies Points
    Untuk mengetahui jumlah point Kamu, silakan cek di menu Buddies Point di aplikasi Buddies
  • Cara tukar Buddies Points
    Kamu cukup masuk ke menu "Buddies Point" lalu memilih apakah mau ditukarkan dalam bentuk cash ataupun dalam bentuk barang/e-voucher dan klik redeem.
    1. Apabila kamu memilih cash, maka kamu harus mempunya.mendaftar akun doku e-wallet terlebih dahulu. Tenang saja, pendaftaran doku e-wallet ini sangat mudah dan sudah terintegrasi dengan aplikasi buddies. Setelah mendaftar maka kamu harus mendownload aplikasi doku e-wallet untuk dapat menukarkannya dengan cash
    2. Apabila Kamu memilih barang maka kamu tinggal memilih barang/e-voucher yang kamu inginkan, klik redeem maka kamu akan mendapatkan email dari kami untuk barang/e-voucher tersebut
  • Kadaluarsa Buddies Points
    Buddies Point Kamu berlaku selama 2 tahun dan dihitung sejak pertama kali point Kamu dinyatakan aktif. Masa tunggu aktivasi Registration Point dan Share Point adalah 30 hari sejak poin kamu diterima
  • Tentang Doku Wallet
    Untuk dapat menukar Buddies Points Kamu menjadi uang tunai, Kamu memerlukan akun DOKU Wallet. DOKU Adalah partner resmi Buddies dari Kami, yang didukunng oleh Mindstores
  • Buddies Points saya pending terlalu lama
    Status pending Buddies Point Kamu akan berubah menjadi aktif setelah 14 hari Buddies Code kamu dipakai untuk melakukan transaksi pembelian produk asuransi di aplikasi Buddies. Jika setelah 14 hari point kamu masih dalam status pending, silakan kirim email ke christina.putri@buddies.co.id untuk mengirimkan pesan kepada kami dan kami akan membantu memeriksa dan menginformasikan solusinya
  • Jumlah Buddies Points yang saya dapatkan berbeda
    silakan kirim email ke christina.putri@buddies.co.id untuk mengirimkan pesan kepada kami dan kami akan membantu memeriksa dan menginformasikan solusinya
  • Cara mendapatkan Buddies Points
    Kamu bisa mendapatkan Buddies Points ketika teman atau kerabat Kamu memasukkan Buddies Code Kamu sebelum mengaktivasikan perlindungan mereka. Setelah berhasil, Buddies Points Kamu akan bertambah sesuai dengan jumlah paket yang mereka ambil
  • Perhitungan Buddies Points
    Setiap kelipatan 1.000 maka Kamu akan mendapatkan 1 point

 

Produk

1. Jenis Produk

  • Produk yang cocok untuk perlindungan kesehatan saya dan keluarga Plus santunan rawat inap
    Di aplikasi Buddies tersedia produk MyHealth Buddies (ASLI Pelita Proteksi Prima) yang memberikan manfaat berikut:
    1. Meninggal dunia
    2. Meninggal dunia akibat kecelakaan
    3. Penggantian biaya rawat jalan darurat
    4. Santunan Rawat Inap
    5. Pengembalian premi sebagai manfaat asuransi pilihan
    6. Perlindungan terhadap Penyakit Kritis tertentu sebagai manfaat asuransi pilihan
  • Produk yang cocok untuk perencanaan dana pendidikan, dana liburan, dan dana untuk kebutuhan lain yang direncanakan
    Di aplikasi Buddies tersedia produk MyDream Buddies (ASLI Pelita Proteksi Rencana) yang memiliki Manfaat Tahapan dan Manfaat Akhir kontrak yang cocok untuk kebutuhan ini
  • Produk yang cocok untuk perlindungan kesehatan saya dan keluarga
    Di aplikasi Buddies tersedia produk MyHealth Buddies (ASLI Pelita Proteksi Pratama) yang memberikan manfaat berikut:
    1. Meninggal dunia
    2. Meninggal dunia akibat kecelakaan
    3. Penggantian biaya rawat jalan darurat
    4. Pengembalian premi sebagai manfaat asuransi pilihan
    5. Perlindungan terhadap Penyakit Kritis tertentu sebagai manfaat asuransi pilihan
  • Produk yang tersedia di aplikasi Buddies
    Produk yang saat ini tersedia di aplikasi Buddies adalah:
    1. MyLife Buddies (ASLI Pelita Proteksi Pratama) dengan pilihan Asuransi Tambahan Proteksi Dini Penyakitan Kritis
    2. MyHealth Buddies (ASLI Pelita Proteksi Prima) dengan pilihan Asuransi Tambahan Proteksi Dini Penyakit Kritis
    3. MyDream Buddies (ASLI Pelita Proteksi Rencana)

2. Manfaat Produk

  • Saya belum menerima manfaat tahapan/manfaat akhir kontrak (maturity benefit) ASLI Pelita Proteksi Rencana (Paket Siap RencanaKu) yang dijanjikan
    Pastikan hal-hal berikut untuk memastikan Kamu menerima manfaat tersebut:
    1. Polis masih berlaku/aktif
    2. Sudah memenuhi syarat pembayaran manfaat (manfaat tahapan dibayar setiap 3 tahun, sementara manfaat akhir kontrak dibayar jika masa pertanggungan telah berakhir dan tertanggung masih hidup)
    3. Nomor rekening Kamu yang terdaftar di Astra Life adalah benar dan masih aktif statusnya
    Jika Kamu masih belum menerima manfaat tersebut tetapi sudah memenuhi ketiga hal diatas, silahkan hubungin christina.putri@buddies.co.id untuk mmengirikan pesan kepada kami.
  • Manfaat Pengembalian Premi
    Manfaat Pengembalian Premi adalah manfaat pengembalian Permi sebesar 100% dari total Premi yang sudah dibayarkan. Jika kamu menambahkan manfaat ini, kamu akan dikenakan tambahan Premi
  • Saya belum mendapatkan Manfaat Pengembalian Premi di Akhir Masa Pertanggungan
    Pastikan hal-hal berikut untuk memastikan Kamu menerima manfaat pengembalian premi:
    1. Polis masih berlaku/aktif
    2. Astra Life belum membayarkan Manfaat Meninggal Dunia
    3. Nomor rekening Kamu yang terdaftar di Astra Life adalah benar dan masih aktif statusnya
    Jika Kamu masih belum menerima manfaat tersebut tetapi sudah memenuhi ketiga hal di atas, silakan kirim email ke christina.putri@buddies.co.id untuk mengirimkan pesan kepada kami
  • Manfaat produk ASLI Pelita Proteksi Pratama (Paket Siap JiwaKu) yang tersedia di aplikasi Buddies
    Memberikan perlindungan asuransi terhadap risiko berikut:
    1. Meninggal dunia
    2. Meninggal dunia akibat kecelakaan
    3. Penggantian biaya rawat jalan darurat
    4. Pengembalian premi sebagai manfaat asuransi pilihan
    5. Perlindungan terhadap Penyakit Kritis tertentu sebagai manfaat asuransi pilihan
  • Manfaat produk ASLI Pelita Proteksi Prima (Paket Siap SehatKu) yang tersedia di aplikasi Buddies
    1. Meninggal dunia
    2. Meninggal dunia akibat kecelakaan
    3. Penggantian biaya rawat jalan darurat
    4. Santunan Rawat Inap
    5. Pengembalian premi sebagai manfaat asuransi pilihan
    6. Perlindungan terhadap Penyakit Kritis tertentu sebagai manfaat asuransi pilihan
  • Jumlah Manfaat Tahapan untuk produk ASLI Pelita Proteksi Rencana (Paket Siap RencanaKu)
    Manfaat Tahapan produk Siap RencanaKu adalah sebesar 5% dari Uang Pertanggungan. Manfaat Tahapan ini dibayarkan setiap 3 tahun sekali ke nomor rekening Kamu yang telah didaftarkan kepada Kami pada saat di awal pengajuan Polis

 Proses

1. Proses Penjualan Produk

  • Cara mendapatkan penjelasan produk secara langsung
    Info data Kamu (nama, nomor teleopn, produk yang ingin dijelaskan) ke hello@astralife.co.id dan tenaga pemasar kami akan segera menghubungi dan menjelaskan secara langsung produk asuransi yang sesuai dengan kebutuhan Kamu
  • Kanal penjualan lainnya
    Ya, produk kami juga dijual melalui beberapa kanal distribusi lainnya. Jika Kamu tertarik membeli produk ini melalui kanal distribusi lainnya, silakan:
    Info data Kamu (nama, nomor telepon, produk yang ingin dijelaskan) ke hello@astralife.co.id
  • Apakah Saya bisa membelikan asuransi untuk keluarga (anak, istri/suami) saya?
    Kamu sebagai Pemegang Polis, bisa membelikan produk asuransi untuk anggota keluarga inti (suami/istra dan anak)
  • Apakah bisa jika Saya sebagai anak memberikan asuransi untuk orang tua saya?
    Untuk kondisi seperti ini, Astra Life menyarankan sebaiknya Pemegang Polis dan Tertanggung sama yaitu orang tua, dan pembayaran premi dilakukan menggunakan kartu kredit milik anak

2. Buku/Dokumen Polis

  • Bukti Kepemilikan asuransi
    Astra Life akan menerbitkan e-Policy yang dikirimkan ke alamat email Kamu sebagai bukti kepemilikan asuransi
  • Pengiriman Polis ke alamat email lain selain alamat email pemegang polis
    Demi keamanan data Kamu, dokumen e-Policy wajib dikirimkan ke alamat email Kamu. Sebagai alternatif, Kamu dapat meminta polis harcopy dengan tambahan biaya sebesar Rp. 75.000,-
  • Waktu pengiriman e-Policy
    e-Policy akan dikirimkan langsung ke email Kamu setelah pembayaran premi pertama kali diterima oleh Astra Life
  • Saya belum menerima e-Policy, padahal sudah melakukan pembayaran premi pertama kali
    Beberapa hal yang mungkin menyebabkan Kamu belum menerima e-policy:
    a. Email e-policy masuk di folder Junk Mail/Spam
    b. Inbox email penuh
    c. Alamat email yang terdaftar di Astra Life salah
    Jika Kamu masih belum menerima e-policy setelah memastikan ketiga hal di atas tidak terjadi, silakan kirim email ke christina.putri@buddies.co.id untuk mengirimkan pesan kepada Customer Service kami
  • Saya ingin memiliki hardcopy buku/dokumen polis
    Untuk bisa mendapatkan hardcopy buku polis, lakukan langkah-langkah berikut:
    1. Memilih opsi hardcopy pada proses pembelian polis
    2. Membayar biaya sebesar Rp. 75.000,- yang akan otomatis tertambah di jumlah total transaksi saat pembayaran polis
    3. Menunggu proses pengiriman hardcopy polis sekitar 7-14 hari kerja
  • Waktu pengiriman hardcopy buku/dokumen polis
    Proses pengiriman hardcopy polis akan membutuhkan waktu sekitar 7-14 hari kerja
  • Saya belum menerima hardcopy buku/dokumen polis
    Jika Kamu belum menerima buku polis setelah melewati 14 hari kerja, silakan kirim email ke christina.putri@buddies.co.id untuk mengirimkan pesan kepada Customer Service kami
  • Hardcopy buku/dokumen polis saya hilang, saya ingin mendapatkan lagi hardcopy buku/dokumen polis tersebut
    Untuk bisa mendapatkan duplikat buku polis dalam bentuk hardcopy, maka Pemegang Polis perlu melakukan langkah-langkah berikut:
    1. Mengisi Formulir Permintaan Duplikat Polis yang bisa diunduh di http://astralife.co.id/panduan/dokumen-penting/
    2. Melampirkan fotokopi KTP dan surat keterangan hilang dari Kepolisian
    3. Melakukan pembayaran biaya duplikat polis sebesar Rp. 75.000,- ke rekening berikut:
    Nama Bank: Bank Permata - Cab. Setiabudi
    Nomor Rekening: 701-945-980
    Nama Pemilik Rekening: PT Astra Aviva Life
    4. Mengirimkan formulir dan lampiran persyaratan dokumen ke Kantor Pusat Astra Life
    5. Hardcopy buku polis akan dikirimkan dalam waktu 7-14 hari kerja setelah Formulir dan dokumen pendukung diterima oleh Astra Life
  • Saya tidak ingin dikenakan biaya permintaan hardcopy buku/dokumen polis
    Biaya sebesar Rp. 75.000,- tersebut merupakan pengganti biaya pencetakan dan pengiriman polis
  • e-Mail saya hilang, atau di-hack orang atau saya mengganti alamat email, saya ingin dikirimkan ulang e-Policy
    e-Policy dapat dikirimkan ulang berdasarkan permintaan yang diterima dari Kamu sebagai Pemegang Polis. Untuk permintaan pengiriman kembali e-Policy, lakukan langkah-langkah berikut:
    1. Mengisi Formulir permintaan Duplikat Polis yang bisa diunduh di http://astralife.co.id/panduan/dokumen-penting/
    2. Melampirkan fotokopi kartu indentitas yang masih valid
    3. Mengirimkan formulir dan lampiran fotokopi kartu identitas ke Kantor Pusat Astra Life (ada link ke alamat Kantor Pusat Astra Life)
    4. e-Policy akan dikirimkan dalam waktu 3 hari kerja setelah Formulir dan dokumen pendukugn diterima oleh Astra Life

3. Pembayaran Premi

  • Pilihan metode pembayaran premi
    Kamu dapat memilih metode pembayaran berikut:
    1. melalui Virtual Account Bank Permata (kode Bank Permata: 013)
    2. melalui auto debet Kartu Kredit
    3. melalui ATM Bank Mandiri
    4. melalui ATM Bank BCA
  • Metode pembayaran premi menggunakan auto debet rekening
    Auto debet pembayaran premi saat ini hanya tersedia dari Kartu Kredit, belum tersedia fasilitas auto debet dari Rekening. Sebagai alternatif, dapat menggunakan Virtual Account Bank Permata
  • Cara mengetahui status pembayaran premi pertama kali
    Jika status pembayaran premi pertama kali/payment berhasil, maka Kamu akan mendapatkan notifikasi dari:
    1. Astra Life melalui email
    2. Bank penerbit kartu kredit melalui email/SMS (jika Kamu mengaktifkan fasilitas ini)
    Jika Kamu tidak mendapatkan notifikasi tersebut, maka kemungkinan pembayaran premi pertama kali masih gagal
  • Pembayaran premi pertama kali menggunakan kartu kredit gagal
    Ada beberapa hal yang mungkin menyebabkan pembayaran premi pertama kali Kamu menggunakan kartu kredit gagal, diantaranya:
    1. Jaringan internet saat pembayaran terputus
    2. Kamu tidak mendapatkan kode OTP dari bank. Untuk mendapatkan kode OTP, pastikan Kamu sudah mendaftarkan nomor handphone Kamu ke bank penerbit kartu kredit untuk mendapatkan layanan ini serta memiliki pulsa untuk menerima SMS OTP tersebut (penerimaan SMS OTP akan memotong biaya pulsa)
    3. Salah memasukkan kode OTP dari bank
    4. Limit kartu kredit Kamu tidak mencukupi
    5. Status kartu kredit Kamu tidak aktif
  • Notifikasi jatuh tempo pembayaran premi
    Notifikasi ke alamat email Kamu akan dikirimkan saat:
    1. 14 hari kalender sebelum tanggal jatuh tempo pembayaran premi
    2. 7 hari setelah tanggal jatuh tempo polis jika pembayaran premi belum dilakukan
  • Saya tidak mendapatkan notifikasi jatuh tempo pembayaran premi
    Untuk bisa mendapatkan notifikasi jatuh tempo pembayaran premi, pastikan:
    1. alamat email yang tercatat di Astra Life sudah benar
    2. Alamat email masih aktif
    3. inbox email tidak penuh
    4. email tidak masuk ke folder SPAM
  • Perubahan metode cara bayar premi
    Jika pembayaran premi pertama dilakukan melalui Virtual Account, maka pembayaran premi selanjutnya juga tetap melalui Virtual Account
    Jika pembayaran premi pertama dilakukan melalui auto debet Kartu Kredit, maka pembayaran premi selanjutnya juga tetap melalui auto debet Kartu Kredit
    Dengan demikian pilihan untuk perubahan metode pembayaran (dari Virtual Account ke auto debet Kartu Kredit ataupun sebaliknya) belum tersedia untuk saat ini
  • Perubahan nomor Kartu Kredit yang digunakan untuk auto debet pembayaran premi
    Kamu diperbolehkan melakukan perubahan nomor Kartu Kredit untuk pembayaran auto debet pembayaran premi melalui Customer Portal dengan langkah sebagai berikut:
    1. Buka Customer Portal di alamat https://astrafamilyclub.co.id/cp-ui/#!/login atau My Astra Life di ilovelife.co.id
    2. Login dengan username dan password Kamu yang pertama kali telah diinformasikan melalui email
    3. Pilih Menu Perubahan Polis > Tekan tombol "CARI" > Muncul nomor Polis
    4. Tekan tombol "Ganti Kartu"> Akan masuk ke halaman DOKU > Masukkan informasi Kartu Kredit sesuai dengan kolom yang tersedia
    5. Centang kotak pernyataan > Tekan "Merubah Billing" > Akan masuk ke halaman OTP (One Time Password)
    6. OTP (One Time Password) yang dikirim ke HP nasabah > Tekan submit
    7. Akan muncul notifikasi bahwa perubahan nomor Kartu Kredit telah berhasil dilakukan
  • Apakah Kartu Kredit yang digunakan untuk auto debet pembayaran premi harus atas nama Pemegang Polis? Bagaimana dengan pembayaran selanjutnya?
    Ya, Kami sangat menyarankan agar Kartu Kredit yang digunakan untuk pembayaran premi pertama dan premi selanjutnya menggunakan Kartu Kredit atas nama Pemegang Polis, untuk keamanan dan kenyamanan Kamu sendiri
  • Dampak jika tidak melakukan pembayaran premi
    Jika premi tidak dibayar sampai dengan masa tenggang pembayaran (grace period) terlewati, maka polis menjadi tidak aktif dan pertanggungan asuransi menjadi tidak berlaku kembali
    Masa tenggang pembayaran (grace period) premi untuk produk ini adalah 45 hari kalender sejak tanggal jatuh tempo pembayaran premi
  • Cara melakukan pembayaran premi menggunakan Virtual Account Bank Permata
    Cara menggunakan Virtual Account Bank Permata untuk pembayaran premi:
    1. Masukkan kartu debit Bank Permata
    2. Pilih Bahasa Pengantar >> Indonesia
    3. Masukkan PIN >> 6 digit
    4. Pilih “TRANSAKSI LAINNYA” -> “PEMBAYARAN” -> “PEMBAYARAN LAINNYA” -> “VIRTUAL ACCOUNT”
    5. Masukkan 16 digit nomor Virtual Account (854536XXXXXXXXXX)
    6. Pada layar akan ditampilkan informasi nomor Virtual Account; Nama Pemilik Polis dan Jumlah Premi
    PENTING! MOHON PASTIKAN NOMOR VIRTUAL ACCOUNT, NAMA PEMILIK POLIS DAN JUMLAH PREMI  SUDAH BENAR.
    7. Transaksi selesai
  • Cara melakukan pembayaran premi menggunakan ATM Bank Mandiri
    Cara bertransaksi melalui ATM Bank Mandiri :
    1. Masukan kartu debit Bank
    2. MandiriMasukan pin >> 6 digitPilih "TRANSAKSI LAINNYA" -> "TRANSFER" -> "ANTAR BANK ONLINE
    3. Masukkan nomor rekening tujuan transfer ( 3 digit kode bank + 16 digit nomor VA )Kode Bank Permata = 013 - Penginputan digabung seperti contoh berikut >> 013854536XXXXXXXXXX
    4. Masukkan nomor referensi transfer >> boleh dikosongkan
    5. Masukkan jumlah yang akan ditransfer >> masukkan jumlah sesuai premi polis
    PENTING! MOHON AGAR MEMASUKKAN JUMLAH PREMI SESUAI DENGAN PREMI POLIS. APABILA JUMLAH YANG DIMASUKKAN TIDAK SESUAI, MAKA TRANSAKSI AKAN GAGAL.
    6. Akan ditampilkan layar Konfirmasi Transfer, mohon dipastikan kembali bahwa Nomor VA, Nama Pemilik Polis dan Jumlah yang ditransfer sudah sesuai
    7. Transaksi selesai
  • Cara melakukan pembayaran premi menggunakan ATM Bank BCA
    Cara bertransaksi melalui ATM Bank BCA :
    1. Masukkan kartu debit Bank BCA
    2. Masukkan PIN >> 6 digit
    3. Pilih “TRANSAKSI LAINNYA” -> “TRANSFER” -> “KE REK BANK LAIN”
    4. Masukkan nomor kode sandi Bank (3 digit) >> Kode Bank Permata = 013
    5. Masukkan jumlah yang akan ditransfer >> masukkan jumlah sesuai premi polis
    PENTING! MOHON AGAR MEMASUKKAN JUMLAH PREMI SESUAI DENGAN PREMI POLIS. APABILA JUMLAH YANG DIMASUKKAN TIDAK SESUAI, MAKA TRANSAKSI AKAN GAGAL.
    6. Masukkan nomor rekening tujuan >> Masukkan 16 digit nomor Virtual Account (854536XXXXXXXXXX)
    7. Akan ditampilkan layar Konfirmasi Transfer, mohon dipastikan kembali bahwa Nomor VA, Nama Pemilik Polis dan Jumlah yang ditransfer sudah sesuai
    8. Transaksi selesai
  • Cara Bayar Asuransi Buddies Via M-Banking BCA
    1. Login untuk masuk ke menu utama
    2. Pilih m-transfer
    3. Pilih Daftar Transfer - Antar Bank
    4. Masukan No. Rekening Tujuan = 16 digit nomor Virtual Account -> Pilih Bank = Bank Permata
    5. Setelah proses pendaftaran Rekening telah berhasil. Tekan OK
    6. Kembali ke menu utama m-Transfer dan pilih Transfer - Antar Bank
    7. Masukan Bank = 013 - Permata Ke Rekening Tujuan = Pilih Nomor VA yang telah didaftarkan Jumlah Uang = Masukan jumlah sesuai tagihan premi jika sudah sesuai, tekan - send
    8. Konfirmasi transaksi m-transfer. Jika sudah sesuai, tekan OK
    9. Status transaksi berhasil, Tekan OK
    10. Proses selesai
  • Cara mengetahui status polis dan pembayaran premi
    Untuk mengetahui status polis dan pembayaran premi, Kamu dapat menggunakan beberapa cara berikut:
    1. membuka Customer Portal My Astra Life di ilovelife.co.id
    2. Kirim email ke christina.putri@buddies.co.id untuk mengirimkan pesan kepada Customer Service kami

4. Perubahan data polis

  • Tentang perubahan data finansial
    Perubahan data finansial adalah perubahan yang akan berdampak pada besarnya premi yang dibayar Pemegang Polis. Perubahan data finansial mencakup perubahan data-data berikut ini:
    a. Tanggal lahir Pemegang Polis/Tertanggung
    b. Jenis Kelamin Pemegang Polis/Tertanggung
    c. Pengajuan Cuti Premi
    d. Perubahan (Penambahan atau Penghapusan) Asuransi Tambahan/Rider
  • Tentang perubahan data non finansial
    Perubahan data non finansial adalah perubahan data yang tidak akan berdampak pada besarnya premi yang dibayar Pemegang Polis. Perubahan data non finansial mencakup perubahan data-data berikut ini:
    a. Perubahan Nama Pemegang Polis/Tertanggung
    b. Perubahan Penerima Manfaat/Ahli Waris
    c. Perubahan Alamat
    d. Perubahan Nomor Telepon
    e. Perubahan Alamat Email
    f. Perubahan data Pekerjaan
    g. Perubahan Tanda Tangan Pemegang Polis
  • Cara melakukan perubahan data finansial & non finansial
    Untuk perubahan data finansial dan non finansial, lakukan langkah-langkah berikut:
    1. Mengisi Formulir Perubahan Data Finansial/Non Finansial yang bisa diunduh di Customer Portal My Astra Life di ilovelife.co.id atau http://astralife.co.id/panduan/dokumen-penting/
    2. Melampirkan fotokopi kartu identitas yang masih valid
    3. Mengirimkan formulir dan lampiran persyaratan dokumen yang diperlukan ke Kantor Pusat Astra Life
    4. Perubahan Data Finansial/Non Finansial akan diproses dalam waktu 3 hari kerja setelah Formulir diterima oleh Astra Life
    5. Pemegang Polis akan mendapatkan notifikasi perubahan data melalui email atau alamat surat menyurat (salah satu)
  • Saya sudah meminta perubahan data, tetapi data belum berubah
    Jika Kamu sudah menyampaikan permintaan perubahan data lebih dari 7 hari kerja dan data masih belum berubah, silakan kirim email ke christina.putri@buddies.co.id untuk mengirimkan pesan kepada Customer Service Kami

5. Pemulihan Polis

  • Cara mengaktifkan polis yang statusnya sudah tidak aktif/lapse
    Untuk mengaktifkan polis yang statusnya sudah tidak aktif/lapsed, Kamu dapat melakukan pemulihan polis dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini:
    1. Mengisi Formulir Pemulihan Polis yang bisa diunduh http://astralife.co.id/panduan/dokumen-penting
    2. Melampirkan fotokopi kartu identitas yang masih valid
    3. Melakukan pembayaran premi tertunggak ke rekening berikut:
    Nama Bank: Bank Permata - Cab. Setiabudi
    Nomor Rekening: 701-945-980
    Nama Pemilik Rekening: PT. Astra Aviva Life
    4. Melampirkan bukti transfer premi tertunggak
    5. Mengirimkan formulir dan lampiran persyaratan dokumen ke Kantor Pusat Astra Life
    6. Pemulihan Polis akan diproses dalam waktu 3 hari kerja setelah Formulir dan dokumen pendukung diterima lengkap oleh Astra Life
    7. Pemegang Polis akan mendapatkan notifikasi keputusan terhadap pengajuan pemulihan polis melalui email atau alamat surat menyurat (salah satu)

6. Penutupan/pembatalan polis

  • Saya sudah mengajukan pembatalan polis tetapi belum mendapatkan notifikasi pembatalan
    Jika Kamu sudah menyampaikan permintaan pembatalan polis lebih dari 7 hari kerja, tetapi belum mendapatkan notifikasi, silakan kirim email ke christina.putri@buddies.co.id untuk mengirimkan pesan kepada Customer Service kami
  • Saya sudah melakukan pembatalan polis tetapi saya tidak mendapat pengembalian premi
    Jika Kamu sudah menyampaikan permintaan pembatalan polis lebih dari 7 hari kerja, tetapi belum mendapatkan pengembalian premi tersebut, silakan christina.putri@buddies.co.id untuk mengirimkan pesan kepada Customer Service Kami
  • Cara penutupan/pembatalan polis
    Pembatalan polis dapat dilakukan dengan mengikuti langkah-langkah berikut:
    1. Mengisi Formulir Penutupan Polis yang bisa diunduh di http://astralife.co.id/panduan/dokumen-penting/
    2. Melampirkan fotokopi kartu identitas yang masih valid
    3. Mengembalikan hardcopy buku polis/print out e-policy
    4. Mengirimkan formulir dan lampiran persyaratan dokumen ke Kantor Pusat Astra Life
    5. Pembatalan Polis akan diproses dalam waktu 7 hari kerja setelah Formulir dan dokumen pendukung diterima lengkap oleh Astra Life
    6. Pemegang Polis akan mendapatkan notifikasi pembatalan polis melalui email atau alamat surat menyurat (salah satu)
  • Yang saya dapatkan jika melakukan pembatalan polis
    1. Pengembalian premi jika dokumen pembatalan polis diterima Astra Life sebelum masa mempelajari polis (ffreelook) berakhir
    2. Pengembalian premi khusus untuk produk ASLI Pelita Proteksi Pratama/Paket Siap JiwaKu atau ASLI Pelita Proteksi Prima/Paket Siap SehatKu yang diambil dengan manfaat pengembalian premi (sesuai ketentuan produk yang tercantum dalam Ringkasan Informasi Produk)
    3. Nilai penebusan khusus untuk produk ASLI Pelita Proteksi Rencana/Paket Siap RencanaKu (sesuai ketentuan produk yang tercantum dalam Ringkasan Informasi Produk)
  • Periode mempelajari polis (freelook)
    14 (empat belas) hari terhitung sejak Pemegang Polis menerima dokumen polis
  • Saya sudah melakukan pembatalan polis tetapi premi masih didebet dari kartu kredit saya
    Jika Kamu sudah menyampaikan permintaan pembatalan polis lebih dari 7 hari kerja dan sudah mendapatkan notifikasi pembatalan polis, tetapi kartu kredit Kamu masih didebet untuk pembayaran premi, silakan kirim email ke christina.putri@buddies.co.id untuk mengirimkan pesan kepada Customer Service Kami

7. Klaim

  • Prosedur pengajuan klaim
    Untuk pengajuan klaim, wajib dilakukan menggunakan fitur e-Claim di Customer Portal dengan menggunakan langkah-langkah di bawah ini:
    1. Buka Customer Portal My Astra Life di ilovelife.co.id dan login menggunakan name dan password yang didapatkan dari Astra Life
    2. Buka menu e-Claim di Customer Portal dan upload dokumen-dokumen yang dipersyaratkan untuk pengajuan klaim
  • Apakah pengajuan klaim wajib menggunakan menu e-claim di Customer Portal? Bagaimana jika Pemegang Polis/Ahli Waris tidak bisa mengakses Customer Portal ini?
    Kami sangat menyarankan Kamu/Ahli Waris menggunakan fitur e-Claim yang tersedia di Customer Portal demi kemudahan dan kenyamanan Kamu/Ahli Waris sendiri. Panduan e-Claim dapat diakses melalui link berikut : http://astralife.co.id/panduan/klaim/
    Namun jika Kamu/Ahli Waris tidak dapat mengakses Customer Portal, maka dokumen pengajuan klaim dapat dikirim ke:
    Kantor Pusat Astra Life
    Pondok Indah Office Tower 3, lt.1
    Jl. Sultan Iskandar Muda, Kav. V-TA
    Pondok Indah, Jakarta Selatan 12310
  • Persyaratan pengajuan klaim
    Syarat dokumen pengajuan klaim dapat dilihat pada Ringkasan Informasi Produk. Dokumen klaim wajib disampaikan selambat-lambatnya 90 (sembilan puluh) hari sejak tanggal peristiwa risiko terjadi. Penderita Penyakit Kritis. Kami berhak untuk menolak pengajuan klaim yang diajukan setelah lewatnya batas waktu tersebut
  • Waktu proses klaim
    Waktu proses klaim adalah sebagai berikut:
    1. Satu (1) hari kerja s.d. keputusan klaim jika dokumen klaim lengkap diterima oleh Astra Life sebelum pukul 11:00 WIB melalui Customer Portal
    2. Tiga (3) hari kerja s.d. pembayaran klaim yang disetujui diterima di rekening penerima manfaat
  • Saya mencoba meng-upload dokumen di menu e-Claim, tetapi tidak berhasil. Kenapa hal ini terjadi dan bagaimana caranya agar dokumen bisa di-upload?
    Jika terjadi gagal upload, maka coba kembali upload dokumen tersebut dengan memperhatikan hal-hal berikut:
    a. Pastikan terhubung dengan jaringan internet
    b. Pastikan ukuran file yang di-upload tidak melebihi 2MB
    c. Pastikan format file yang di-upload adalah format file yang dapat diterima, yaitu: Pdf.
    Jika Kamu/Ahli Waris masih mengalami gagal upload dokumen, maka sebagai alternatif, dokumen pengajuan klaim dapat dikirimkan ke kantor Astra Life
  • Kenapa klaim saya tidak dibayarkan/ditolak?
    Agar klaim dapat disetujui, Kamu/Penerima Manfaat harus memperhatikan ketentuan-ketentuan berikut:
    1. Pastikan polis dalam keadaan aktif saat klaim diajukan
    2. Klaim diajukan sebelum batas waktu pengajuan klaim berakhir
    3. Lengkapi semua form dan dokumen pendukunng sesuai dengan persyaratan dan prosedur Astra Life
    4. Klaim yang diajukan tidak masuk dalam pengecualian polis. Daftar pengecualian polis dapat dilihat pada Ringkasan Informasi Produk
    5. Klaim yang diajukan sudah melewati masa tunggu
    6. Pastikan rekening yang digunakan untuk menerima pembayaran klaim dalam kondisi aktif agar pembayaran klaim tidak retur
  • Apakah untuk produk-produk ini diperbolehkan double claim? Bagaimana caranya?
    Untuk produk yang memiliki manfaat klaim rawat inap atau meninggal dunia, maka double claim dapat dilakukan. Tetapi double claim tidak berlaku untuk manfaat penggantian biaya rawat jalan darurat.
    Jika ingin mengajukan double claim, maka fotokopi kuitansi dan perincian biaya perawatan yang dilampurkan di dokumen pengajuan klaim wajib dilegalisir oleh Rumah Sakit
  • Apakah untuk produk-produk ini tersedia fasilitas Koordinasi manfaat (COB/Coordination of Benefit)?
    Ya, fasilitas Koordinasi Manfaat tersedia untuk produk-produk yang dijual di ilovelife.co.id, caranya lampirkan surat pengantar COB dari asuransi pertama dan fotokopi kuitansi serta perincian dari Rumah Sakit jika Astra Life sebagai second payer
  • Kalau saya sudah menggunakan BPJS, bagaimana caranya, apakah bisa tetap double claim/koordinasi manfaat? Dan kalau BPJS tidak mengeluarkan rincian bagaimana?
    Double klaim/koordinasi manfaat tetap bisa diajukan dengan menggunakan fotokopi legalisir kuitansi dan perincian perawatan atau keterangan perawatan dari Rumah Sakit tempat dimana perawatan dengan BPJS dilakukan
  • Apabila Tertanggung dirawat inap di luar negeri, apakah klaim santunan rawat inap dan klaim penggantian biaya rawat jalan darurat tetap dibayarkan?
    Ya, tidak ada pengecualian untuk manfaat santunan rawat inap dan manfaat penggantian biaya rawat jalan darurat di Negara tertentu

8. Customer Services/Customer Care

  • Cara menghubungi Customer Services Astra Life
    Silakan kirim email ke christina.putri@buddies.co.id untuk mengirimkan pesan kepada Customer Services Kami
  • Proses tindak lanjut pengaduan
    Setelah Customer Services kami menerima pengaduan yang disampaikan, kami akan melakukan langkah-langkah berikut:
    1. Mencatat pengaduan Anda
    2. Memberikan tanggapan pertama dalam waktu 1 hari kerja
    3. Menindaklanjuti pengaduan dan menyelesaikan permasalahan Anda
    4. Menginformasikan perkembangan penanganan pengaduan kepada Anda
    5. Menginformasikan hasil tindak lanjut penanganan pengaduan dalam waktu 20 hari kerja sejak pengaduan diterima
  • Laporan jika terjadi tindak penipuan
    Silakan kirim email ke christina.putri@buddies.co.id untuk mengirimkan pesan kepada Customer Services Kami

9. Customer Portal

  • Customer Portal Website tidak merespon aksi Saya (contoh: klik "Submit" tidak jalan)
    Pastikan Kamu sudah menggunakan web-browser Mozilla Firefox dan memiliki akses internet untuk membuka Customer Portal
  • Cara mengakses Customer Portal
    1. Buka Customer Portal di www.astrafamilyclub.co.id
    2. Login dengan username dan password Kamu yang pertama kali telah diinformasikan melalui email
  • Fitur yang tersedia di Customer Portal
    1. Melihat informasi terkait polis
    2. Mengajukan Klaim
    3. Men-download e-policy
    4. Melakukan pengajuan perubahan non-finansial pada polis
    5. Melakukan perubahan informasi kartu kredit
  • Saya tidak mendapatkan email untuk login dan password
    Beberapa hal yang mungkin menyebabkan Kamu belum menerima email untuk login dan password ke customer portal adalah:
    1. Email masuk di folder Junk Mail/Spam
    2. Inbox email penuh
    3. Alamat email yang terdaftar di Kami salah
    Untuk bisa mendapatkan kembali login dan password Kamu ke Customer Portal, silakan kirim email ke christina.putri@buddies.co.id untuk mengirimkan pesan kepada Kami
  • Saya lupa password Saya/Login ID Saya ke LOCKED
    Kamu bisa me-reset password dan status melalui fungsi "Forgot Password"
DAFTAR YUK