Blog / Info

10 Efek Positif Tak Terduga dari Penerapan Social Distancing

Buddies

May 4, 2020

penerapan social distancing astra life

Efek positif penerapan social distancing telah mengubah banyak hal di masyarakat. Kita disarankan untuk berdiam diri di rumah. Fenomena work from home (WFH) pun merebak. Singkatnya, jika tidak benar-benar terpaksa, masyarakat diminta tetap tinggal di rumah dan tidak pergi ke mana-mana. Bagi kamu yang biasa menjalani hari dengan mobilitas tinggi, tentu kebijakan baru ini bisa cukup mengganggu. Namun, selain mencegah penyebaran Covid-19, penerapan social distancing justru banyak menarik banyak dampak positif.

Efek positif penerapan social distancing untuk diri sendiri dan sesama

Menjaga jarak antar manusia bukan berarti meninggalkan kodratnya sebagai mahluk sosial. Di tengah social distancing, hubungan antar manusia tetap rekat, caranya saja yang berbeda. Berikut ini, efek positif tak terduga dari penerapan social distancing dalam hubungan antar manusia.

1. Menjadi lebih dekat dengan keluarga di rumah

Bagi yang biasa bekerja di kantor setiap hari, sekarang bisa bekerja dari rumah atau WFH. Ini tentu menjadi kesempatan agar bisa selalu terhubung dengan orang-orang tercinta di rumah yang sebelumnya hanya bisa diperoleh di hari libur. Hal-hal yang sebelumnya jarang dilakukan seperti menjalankan permainan edukatif bersama anak-anak, kini bisa lebih sering dilakukan.

2. Kepedulian sosial meningkat

Dampak dari social distancing membuat pendapatan para pekerja informal seperti pengemudi ojek online menurun drastis. Sebab, pendapatan mereka tergantung lalu-lintas orang yang berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Jika banyak orang memilih tinggal di rumah, penumpang ojek online pun sepi.

kepedulian sosial ojek online meningkat astra life

Hal tersebut rupanya menyentuh kepedulian banyak orang. Kepedulian terhadap nasib para pekerja informal yang terkena dampak social distancing meningkat. Ini bisa dilihat dari meningkatkan gerakan memberi makanan gratis bagi pengemudi ojek online.

Caranya, mereka memesan dan membayar makanan lewat aplikasi, tapi tidak dikirimkan ke alamat pembeli. Makanan tersebut diberikan kepada pengemudi ojek online untuk dinikmati. Bantuan makan gratis itu setidaknya bisa membuat pengemudi ojek online berhemat karena tidak perlu mengeluarkan duit untuk membeli makan siang.

3. Solidaritas untuk membantu tenaga medis

Solidaritas untuk membantu tenaga medis astra life

Di penanganan pandemi COVID-19, tenaga medis yang bekerja di garis terdepan menjadi orang paling berisiko tertular virus tersebut. Risiko tersebut kian tinggi karena para tenaga medis kekurangan berbagai alat pelindung diri (APD), masker, dan hand sanitizer.

Kondisi ini sangat memprihatinkan. Apalagi sudah jatuh korban cukup banyak dari kalangan tenaga medis yang menangani COVID-19. Simpati masyarakat pun mengalir. Kini muncul solidaritas dari berbagai kalangan untuk membantu tenaga medis mendapatkan APD, masker dan hand sanitizer.

Bantuan dari masyarakat tersebut bisa meringankan beban risiko yang harus dihadapi oleh para tenaga medis. Dukungan dari masyarakat luas juga bisa menambah semangat para tenaga medis dalam bekerja.

4. Meeting online lebih efisien

meeting online lebih efisien astra life

Berbagai aktivitas yang biasanya dilakukan dengan bertatap muka secara langsung kini harus dijalankan secara online. Salah satunya meeting kantor terkait dengan pekerjaan sehari-hari.

Siapa sangka, meeting online ternyata lebih efisien. Perusahaan tidak perlu mengeluarkan dana untuk menyewa ruang meeting di hotel atau restoran, belum lagi soal biaya transportasinya. Selain itu, meeting online juga bisa menghemat waktu. Pembahasan rapat yang biasanya melebar kemana-mana bisa dibuat menjadi lebih fokus sehingga waktu yang dibutuhkan lebih singkat.

5. Punya banyak waktu untuk melakukan hal-hal yang ditunda

Dengan tetap berada di rumah, kamu bisa melakukan pekerjaan yang dahulu tertunda. Selama ini karena kesibukan bekerja di kantor, kamu mungkin tidak sempat melakukan hobi memasak, crafting, menjahit dan lain-lain. Sekarang, dengan banjirnya waktu luang dirumah, opsi untuk menunda hal-hal tersebut menjadi menipis. Dan juga, dengan menjalankan hobi yang disenangi, kamu menjadi lebih riang dan lebih sehat yang bisa berdampak baik bagi imunitas tubuh.

Efek positif penerapan social distancing untuk lingkungan

Kerusakan lingkungan kerap kali disebabkan oleh berbagai aktivitas yang dilakukan oleh manusia. Aktivitas yang berkurang selama social distancing bisa memberikan dampak positif terhadap lingkungan.

6. Polusi udara menurun drastis

Polusi udara menurun drastis astra life

Selama penerapan social distancing, jalanan kota berubah sepi. Kemacetan lalu-lintas yang biasanya jadi pemandangan sehari-hari di kota-kota besar seperti Jakarta tak lagi terlihat. Asap kendaraan bermotor yang menyebabkan polusi udara pun jauh menurun. Jika kamu masih pergi ke kantor di Jakarta, pasti kamu sering melihat langit Jakarta yang biru.

Hasilnya, peringkat polusi udara di Jakarta jauh membaik setelah pemerintah menerapkan strategi kerja di rumah selama dua pekan. Dikutip dari Warta Ekonomi, Maret 2020, Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta menyebut, indeks kualitas udara Jakarta pada Jumat, 28 Maret 2020 berada di level 89 atau kategori sedang. Kualitas udara Jakarta lebih bagus dari Rotterdam di Belanda, Berlin di Jerman, dan Kathmandu di Nepal.

 

7. Perairan jadi lebih bersih

Perairan jadi lebih bersih astra life

Selama penerapan social distancing, seluruh obyek wisata ditutup. Keramaian di tempat wisata biasanya menyisakan banyak sampah. Meskipun sudah disediakan tempat sampah, masih ada saja yang membuang sampah sembarangan. Maka, ketika fasilitas publik itu ditutup, imbasnya sangat terasa pada kebersihan di obyek wisata.

Salah satunya terlihat pada sungai di Venezia Italia yang selama ini tercemar karena lalu lintas kapal wisata yang sangat padat. Setelah penerapan kebijakan lockdown, air sungai berubah menjadi bening. Ikan-ikan yang berenang di air terlihat jelas dan burung angsa bermunculan.

8. Satwa dilindungi leluasa berkembang biak

Salah satu kabar baik dari social distancing adalah keberadaan satwa dilindungi yang bisa berkembang biak secara leluasa. Selama ini, satwa langka banyak diburu oleh manusia sehingga terancam punah. India yang menerapkan lockdown selama 21 hari telah membuat area pantai sepi dari manusia. Situasi ini memberikan keuntungan bagi penyu jenis Olive Ridley untuk bertelur secara bebas.

Pemandangan itu terlihat di Pantai Gahirmatha Odisha, India. Media setempat melaporkan adanya ratusan ribu penyu Olive Ridley di area pantai tersebut. Hasilnya diperkirakan akan ada 10 juta telur penyu yang menetas tahun ini.

9. Konsumsi plastik turun

Penutupan tempat wisata dan pusat pembelanjaan berdampak pada penurunan permintaan kemasan plastik. Pelaku industri sudah memperkirakan konsumsi plastik akan menurun secara global di tahun ini.

Dengan demikian, jumlah sampah plastik yang dibuang oleh masyarakat diperkirakan ikut menurun. Ini menjadi kabar baik bagi para pecinta lingkungan. Sebab, sampah plastik merupakan bahan yang sukar untuk terurai. Setidaknya butuh waktu sekitar 50 tahun hingga 100 tahun agar sampah plastik bisa terurai secara alamiah.

10. Konsumsi BBM turun

Mobilitas masyarakat yang berkurang akan menyebabkan penurunan penggunaan bensin atau bahan bakar minyak (BBM) untuk kendaraan. Minyak merupakan bahan bakar hasil tambang yang tak bisa diperbaharui. Konsumsi BBM yang turun setidaknya bisa menghemat cadangan minyak yang ada di perut bumi.

 

Dengan membaca ulasan 10 efek positif tak terduga dari penerapan social distancing di atas, kamu bisa lebih bersyukur meski sementara waktu harus tinggal di rumah. Kabar positif lainnya adalah kamu bisa mendapatkan perlindungan menyeluruh terhadap penyakit COVID19 dari Astra Life.

Flexi Life adalah asuransi jiwa yang bisa kamu miliki meski #DiRumahAja, karena Flexi Life dapat dibeli dengan mudah di ilovelife.co.id. Seperti namanya, Flexi Life adalah asuransi jiwa yang fleksibel, dimana besaran premi dan perlindungannya dapat kamu #AturSendiri kapanpun kamu mau hingga Rp 5 Miliar tanpa cek medis.

Stay safe, stay positive. #iGotYourBack.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *